Sunday, May 20, 2012

Obat Mengatasi Susah Buang Air Besar

Sembelit

Dibawah ini adalah obat tradisional sembelit atau cara alternatif alami untuk mengatasi susah buang air besar.

Konstipasi atau sering diistilahkan sebagai sembelit atau susah buang air besar merupakan gangguan terkait pencernaan yang sangat mengganggu dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Berikut ini adalah cara alternatif pilihan alami untuk mengatasi sembelit, antara lain:

Serat


Salah satu cara yang mudah ditemui untuk mengatasi sembelit adalah dengan konsumsi serat. Asupan serat yang dianjurkan adalah sekitar 20-35 gram/hari. Untuk mendapatkan serat dalam jumlah yang cukup, cobalah konsumsi buah-buahan, sayuran, dan gandum.

Tetapi Anda harus waspada saat mengonsumsi serat, karena pemanfaatan yang berlebihan malah akan memperburuk konstipasi. Hal ini dapat diatasi dengan meminum air lebih banyak untuk membantu serat masuk ke dalam sistem pencernaan dengan lebih lancar.

Herbal


Terapi herbal adalah pengobatan sembelit yang tertua, dan telah diterapkan dalam berbagai budaya di seluruh dunia. Umumnya obat pencahar herbal ini diramu dari bahan seperti biji rami, fenugreek, dan barley. Selain itu, senna, cascara segrada, dan tumbuhan lidah buaya juga dapat menjadi stimulan terapi sembelit.

Tetapi Anda harus waspada dalam terapi herbal ini, contohnya pada tumbuhan lidah buaya karena dapat menyebabkan kram. Selain itu, terapi herbal untuk sembelit memiliki efek samping saat berinteraksi dengan obat dan suplemen lain. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter dan ahli kesehatan sebelum menggunakan terapi herbal.

Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik di dalam usus yang bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Contoh probiotik adalah Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Sacchromyces boulardi. Probiotik cukup efektif untuk mengatasi sembelit. Biasanya probiotik ini tersedia dalam bentuk suplemen dan terkandung dalam beberapa jenis makanan, salah satunya yogurt.

Cobalah 3 cara alternatif untuk mengobati sembelit ini agar kesehatan pencernaan Anda terjaga tetap sehat. Selain mudah ditemui, langkah-langkah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda tentunya.

No comments:

Post a Comment