Sunday, March 18, 2012

Atasi Infeksi Kandung Kemih dengan Cranberry


Sebuah penelitian menyatakan cranberry efektif mengobati infeksi kandung kemih. Penyakit itu lebih rentan terjadi pada wanita karena memiliki uretra yang lebih pendek dari pria.

Uretra merupakan saluran penghubung kandung kemih ke lingkungan luar tubuh. Berfungsi sebagai saluran pembuang, baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem s*ksual.

Pada perempuan, panjang uretra sekitar 2,5 cm hingga 4 cm dan terletak di antara klitoris dan pembukaan miss-V. Sedangkan lelaki memiliki uretra lebih panjang, yaitu sekitar 20 cm.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa cranberry merupakan buah yang efektif mengusir keluhan infeksi kandung kemih. Cranberry mengandung banyak antioksidan dan proanthocyanidin. Selain itu, cranberry juga mengandung antibiotik alami yang dapat mengatasi iritasi dan mengurangi peradangan yang terjadi di kandung kemih.

Untuk pengobatan, konsumsilah jus cranberry secara rutin tanpa tambahan gula. Bisa juga mengkonsumsi jenis obat herbal yang mengandung ekstrak cranberry, sehingga lebih mudah dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment