Sunday, January 3, 2010

Lidah Buaya : Aloe Vera Sebagai Obat

Sudah sejak lama tanaman yang disebut juga Aloe Vera ini telah dipergunakan sebagai obat herbal yang kemanjurannya tidak perlu diragukan lagi.
Bagaimana tidak, selain sebagai obat penyubur rambut, tanaman ini juga dipakai untuk obat luka terbakar atau akibat tersiram air panas.
Dan siapa sangka tanaman ini juga dapat menyembuhkan Wasir, Sembelit, Diabetes, Kencing Darah dan Batuk Rejan. Berikut detail membuatnya.

WASIR

Bahannya :
- 1/2 batang Lidah Buaya
- 1/2 cangkir air masak
- 2 sendok makan Madu

Cara membuatnya :
Cuci Lidah Buaya sampai bersih, hilangkan duri-durinya dan parut. Tambahkan air dan madu, aduk, saring lalu minum 3 kali sehari.

SEMBELIT

Bahannya :
- 1/2 batang Lidah Buaya
- 1/2 cangkir air panas
- 1 sendok makan Madu

Cara membuatnya :
Cuci Lidah Buaya sampai bersih dan buang kulit serta durinya. Kemudian cincang, seduh dan tambahkan Madu. Makan selagi hangat-hangat kuku 2 kali sehari. Lakukan sampai sembuh.

DIABETES

Bahannya :
- 1 batang Lidah Buaya
- 3 gelas air

Cara membuatnya :
cuci Lidah Buaya sampai bersih, buang durinya dan potong-potong seperlunya lalu rebus hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin, minum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas sehabis makan.

KENCING DARAH

Bahannya :
- 15 gr daun Lidah Buaya
- 30 gr Gula
- air beras secukupnya

Cara membuatnya :
Cuci Lidah Buaya sampai bersih, buang duri dan kulitnya, dan potong-potong seperlunya. Tambahkan gula dan air beras, lalu peras dengan menggunakan kain yang bersih lalu minum.

BATUK REJAN

Bahannya :
- 15-18 cm Lidah Buaya
- Gula secukupnya
- Air secukupnya

Cara membuatnya :
Setelah dicuci bersih, lalu rebus dan tambahkan gula. Setelah dingin, saring dan minum.

No comments:

Post a Comment